Kamis, 04 Juli 2013

Bisnis pembersih toilet / WC

Bisnis ini sangat berpotensi untuk kita jalankan. Kenapa demikian? Karena tiap rumah memiliki toilet, dan tidak semua pemilik rumah memiliki waktu untuk membersihkan toiletnya. Nah disinilah peluang anda untuk masuk kedalam bisnis ini.

Mengapa

Ibaratnya bisnis laundry, semua orang pintar mencuci, bisa mencuci. Tapi tetap saja bisnis laundry menjadi bisnis yang menggurita. Nah demikian pula dengan bisnis jenis ini. Anda akan mendapatkan banyak orderan yang menguntungkan

Produk / jasa

Membersihkan kamar mandi sampai terlihat baru dan berkilau.

Target pasar

Target market anda bisa dari kalangan elit ataupun dari kalangan menengah. Hanya saja jika di kalangan elit, mungkin dirumah mereka sudah tersedia pembantu untuk mengurus toilet mereka. Karena itu kalangan menengah bisa anda jadikan sasaran utama.

Ceruk pasar yang lebih dalam lagi, anda dapat memfokuskan mencari pelanggan dari keluarga yang baik suami maupun istri sibuk bekerja. Karena bisanya mereka akan sangat tidak memiliki waktu untuk mengurus urusan-urusan sepele dirumah mereka.

Nilai tambah

Munkin anda bisa menambahkan dengan mengharumkan kamar mandi. Dan juga membersihkan segala peralatan yang ada dalam kamar mandi tersebut seperti baskom, cermin, dll.

Aktifitas kunci

Membersihkan kamar mandi/toilet

Tempat

Karena ini adalah usaha jasa yang dilakukan rumah konsumen, anda tidak terlalu memerlukan lokasi yang strategis. Anda bisa melakukannya dirumah anda, ataupun kios-kios kecil yang berbiaya murah

Bahan dan alat

Yang diperlukan dalam bisnis ini tidak ribet. Pada awalnya anda hanya membutuhkan beberapa cairan pembersih lantai, alat gosok, kaos tangan, dll. Bahan-bahan jenis ini banyak tersedia di pasar-pasar dengan harga yang murah. Singkatnya anda tidak perlu membutuhkan banyak modal untuk menjalankan bisnis jenis ini

Biaya-biaya

Sangat murah meriah… cairan pembersih yang hanya berharga puluhan ribu dan juga alat gosok yang juga berharga puluhan ribuh…. Intinya anda dapat memulai usaha ini hanya dengan bermodalkan dibawah 100.000

Sumber pendapatan

Biaya jasa aat anda membersihkan toilet pelanggan anda. Anda dapat mengaturnya dalam “biaya/meter persegi”, ataupun “biaya/kamar mandi”. Anda juga bisa mengaturnya berdasarkan tingkat ke kekotoran kamar mandi yang akan dibersihkan.

Karyawan

Mungkin ini tidak akan diminati kaum berpendidikan tinggi. Karena itu anda harus mencari orang-yang betul-betul siap untuk menjalankan aktifitas ini.

Pemasaran

Awalnya anda dapat melakukan dengan membagikan brosur kesekitar anda. Biarkan jasa anda beredar dari mulut-kemulut

Atau mungkin anda dapat mawari calon konsumen anda secara langsung dirumah mereka. Menawarkan kemereka untuk berlangganan bulanan. Dengan cara ini anda akan mendapatkan pelanggan setia.

Kesimpulan

Bayak orang yang akan membuthkan jasa ini. Karena itu jasa anda akan sangat diharapkan oleh konsumen anda.

Anda siap menjalkankan bisnis ini ?


Baca Juga Artikel Ini